Tulisan berjalan

Rabu, 16 November 2011

Flu Dapat Menyebabkan OM


Batuk dan pilek adalah penyakit saluran pernapasan yang paling sering menyerang bayi dan anak-anak. Bisa pula menyerang orang dewasa tetapi karakteristiknya berbeda. Pada bayi dan anak-anak serangannya cenderung lebih berat karena infeksi mencakup daerah sinus paranasal, telinga tengah, dan nasofaring yang kemudian disertai demam tinggi.
            Pada orang dewasa infeksi batuk dan pilek hanya meliputi daerah yang terbatas serta tidak menimbulkan demam tinggi. Penyebab penyakit itu adalah virus. Masa menularnya beberapa jam sebelum gejala timbul hingga 1-2 hari sesudah gejala hilang.
            Penyakit yang umunya mewabah pada pergantian antara musim hujan dan kemarau itu sebenarnya self limited disease atau akan sembuh dengan sendirinya dalam 5-6 hari jika tidak ada invasi kuman lain. Banyak orang menganggap flu adalah penyakit yang ringan, karena dapat dengan mudah menyerang seseorang dan menulari orang lain yang tidak terkena penyakit ini, kemudian dengan sendirinya akan menghilang. Gejala penyakit itu umumnya terdiri dari hidung berair, sakit tenggorokan, demam, pusing, dan bersin-bersin. Gejala-gejala tersebut tidak dianggap sebagai gejala yang berat karena banyak orang yang masih dapat melaksanakan kegiatan sebagaimana biasanya meskipun sedang menderita flu. Berbeda dengan penyakit berat lainnya yang mengharuskan penderitanya untuk beristirahat penuh di rumah atau bahkan harus diopname di rumah sakit.
            Tetapi merupakan suatu kesalahan bila kita menganggap bahwa flu adalah penyakit ringan yang sama sekali tidak begitu mengkhawatirkan. Flu yang berkepanjangan dapat mengakibatkan gangguan pada sistem pendengaran, gejalanya adalah terasa sakit pada salah satu bagian telinga atau bahkan kedua bagian telinga tersebut, demam, dan terasa berdenging pada bagian telinga yang mengalami gangguan. Bagi orang yang sedang menderita penyakit ini, mungkin akan sulit untuk tertidur pada malam hari dikarenakan rasa sakit yang sangat mengganggu.
            Ketika sedang menderita penyakit ini, adalah suatu kesalahan jika penderita menggunakan tiupan hidung yang terlalu kencang (untuk mengeluarkan lendir dari hidung) karena saat terkena flu, saluran Eustachius yang menghubungkan telinga tengah dengan rongga hidung belakang dan tenggorokan bagian atas mengalami penyumbatan yang mengakibatkan virus flu menumpuk di tempat itu, keadaan tersebutlah yang menyebabkan terjadinya gangguan pada telinga. Dalam keadaan ini, saluran Eustachius yang membengkak dan selalu memaksa (mendorong) gendang telinga untuk keluar, hal inilah yang menyebakan rasa sakit (berupa denyutan) yang terjadi di dalam telinga.
            Jika terjadi gejala penyakit ini, segeralah periksa ke dokter untuk mendapakan pengobatan. Karena jika keadaan tersebut dibiarkan, maka gendang telinga akan robek dan mengeliarkan lendir akibat tekanan yang diterimanya dari dinding saluran Eustachius. Penyakit ini dalam istilah media sering di sebut dengan “Otitis Media Akut” atau dalam istilah awam sering disebut dengan ‘Infeksi Akut Telinga Tengah.’

Tidak ada komentar:

Posting Komentar